GELS 11-16 MARET 2013 – RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

1

Gb 1. Foto Bersama Peserta & Tim GELS RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Pada tanggal 11-16 Maret 2013, tim diklat IGD RSUP dr. Sardjito mengadakan pelatihan General Emergency Life Support (GELS) di Ruang Diklat RSUP dr. Sardjito. Peserta terdiri dari 28 orang dokter yang berasal dari Sabang sampai Merauke, peserta paling barat berasal dari Aceh dan peserta paling timur berasal dari Mappi, sekitar satu jam dari Merauke dengan pesawat perintis.

Narasumber dan instruktur GELS sendiri merupakan konsulen dan instruktur terlatih dan kompeten dari RSUP dr. Sardjito yang sangat berdedikasi tinggi terhadap pelatihan kegawatdaruratan. Pelatihan berlangsung selama 6 hari, 5 hari kuliah materi dan skill dengan proporsi seimbang setelah sebelumnya diawali pretest, dan kemudian dilanjutkan dengan ujian posttest dan ujian skill.

3

Gb 2. Skill Station Stabilisasi-Transportasi

5

Gb 3. Skill Station Megacode Henti Jantung

Kesan yang kami peroleh selama pelaksanaan GELS ini adalah semangat teman-teman peserta yang sangat tinggi terhadap pelatihan ini, hal itu tercermin dari peningkatan yang drastis dari nilai pretest dan nilai posttest. Antusiasme teman-teman peserta juga terlihat dalam setiap pemberian materi yang mohon maaf sekali mungkin masih banyak sekali pertanyaan yang ingin disampaikan oleh teman-teman peserta namun karena keterbatasan waktu kami harus membatasi pertanyaan yang diajukan.

6

Gb 4. Skill Station Pengelolaan Jalan Napas & Pernapasan

8

Gb 5. Skill Station Bantuan Hidup Dasar Dewasa

Teman-teman peserta pelatihan juga sangat kooperatif dalam sesi pelaksanaan materi skill station. Teman-teman peserta juga cukup terbuka dalam menyampaikan kritik dan saran mereka terhadap pelaksanaan pelatihan GELS yang akan sangat berguna untuk pelaksanaan GELS periode selanjutnya.

9

Gb 6. Skill Station Resusitasi Neonatus

10

Gb 7. Skill Station Trauma (WSD)

11

Gb 8.  Skill Station Trauma (Venaseksi)

Narasumber dan instruktur pelatihan juga sangat mendukung pelaksanaan GELS ini, bahkan Direktur Utama RSUP dr. Sardjito, dr. Mochamad Syafak Hanung, Sp. A sangat mendukung pelatihan ini, hal ini beliau sampaikan saat membuka acara pelatihan GELS. Secara keseluruhan pelaksanaan pelatihan GELS periode ini terlaksana cukup baik meskipun ada beberapa kendala teknis yang sedikit mengganggu pelaksanaannya.

13

Gb 9 . Skill Station Obstetrik

14

Gb 10. Skill Station Skenario Triase

Terima kasih.

(oleh : dr. Dyas/Tim GELS RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta)

Leave a comment